top of page

Jika Mau Sukses Trading? Coba Pakai Mindset Trading yang Benar Ini

Diperbarui: 1 Apr 2023

Psikologi Trading Series



trading sukses indonesia
trading sukses indonesia

Narko Santoso (kedua dari kiri-red), menjelaskan kepada para trader NSFX.ID untuk belajar dan menyimak pengalaman-pengalaman Narko sebagai seorang trader yang sudah mengalami pahit manis dunia trading. (Foto: Dok. NSFX.ID)



Memiliki mindset yang benar dalam trading forex merupakan salah satu modal yang cukup penting bagi seorang trader.


Narko Santoso, seorang trader berpengalaman yang juga founder NSFX.ID sering membagikan mengenai mindset yang harus dimiliki para trader.


Dia memahami, sangat banyak para pemula yang memiliki mimpi bisa segera kaya seperti trader-trader lain, tanpa memperhitungkan berbagai hal.


Dengan memiliki mindset yang keliru, hanya ingin buru-buru kaya, maka yang terjadi banyak sekali yang kecewa karena loss atau mengalami kerugian.


Memang tidak ada yang keliru mempunyai angan-angan kaya, namun para trader banyak yang gagal karena tidak memiliki mindset trading yang benar.


Psikologi trading begitu besar pengaruhnya terhadap mental. Faktor psikologi sangat berkontribusi terhadap kepercayaan diri trader dan hal itu memengaruhi mindset atau pola pikir.



Memiliki mindset trading yang benar, sangat penting dimiliki untuk menjaga konsistensi dan tidak cepat lelah atau bosan dalam trading. (Foto: Dok. NSFX.ID)



Pesan yang di-share oleh Narko Santoso di atas tersebut adalah otentik. Fakta yang betul-betul banyak terjadi pada banyak trader pemula, yang memiliki mindset ingin cepat kaya.


Nah, sebagai gambaran untuk traders pemula, coba pahami dengan baik, mindset apa yang diperlukan agar sukses sebagai trader.


Sedikitnya ada 4 hal penting yang bisa dirangkum dari pengalaman Narko Santoso. Ke-4 hal ini sangat penting dan kudu disimak baik-baik untuk traders pemula:



1. Trading untuk Hidup


Kekayaan menjadi orientasi pokok yang sering dipakai dalam mindset trader pemula. Namun bukan itu sejatinya yang menjadi tujuan seorang trader.


Narko yang memiliki banyak pengalaman di dunia trading, sangat paham akan kondisi tersebut. Trader pemula biasanya ingin buru-buru kaya dan mengabaikan proses belajar dan pemahaman.


Dengan memilih mindset trading untuk hidup, maka proses trading bisa dijalani dengan rasa syukur. Mampu mengerem sifat tergesa-gesa dan serakah. Berapa pun profit yang diterima, asal sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup, itu harus disyukuri.


Selalu belajar pada trader berpengalaman yang selalu berfokus pada profit konsisten bukan profit instan. Karena trader berpengalaman selalu memikirkan trading untuk jangka panjang.




2. Ketekunan


Ada baiknya harus banyak belajar tentang sistem trading yang benar. Selain hal teknis yang banyak sekali dikuasai, menjaga mental adalah faktor penting.


Hanya dengan mindset yang benar, sabar dan tekun, maka bisa menjaga trading dengan benar dan profit.


“Kebetulan aja ketekunan yang saya jaga, membuat modal makin besar dan risiko profit makin besar,” demikian kutipan Narko Santoso dari akun IG-nya. Kutipan itu bisa menjadi bekal para trader pemula.




3. Loss Itu Pasti


Kalau mengejar cepat kaya, biasanya terdorong dengan cara-cara instan, tidak mau belajar banyak hal. Tipe-tipe trader semacam ini, sangat gampang untuk kendor dan putus asa bila dibenturkan pada kondisi loss.


Dalam trading, menghadapi loss itu merupakan hal yang pasti. Jadi jangan takut jika menghadapi kerugian.


Sering ditemui, trader pemula tidak cukup kuat fondasi atau benteng mental, jika harus menghadapi kerugian. Padahal loss adalah hal yang pasti. Bahkan tak jarang yang meluapkan kemarahan dengan cara-cara tak bijak.


Sepintar apapun trader, pasti pernah mengalami loss. Banyak trader pemula yang panik ketika ditimpa loss, karena tidak menyiapkan mentalnya. Maunya selalu ingin profit.


Namun bagi trader yang berpengalaman dan matang, bisa membatasi kerugian dengan menerapkan disiplin melalui cara sistem trading yang benar. Selalu melakukan evaluasi saat mengalami salah posisi.


Sedangkan trader pemula saat terjadi loss, cepat panik dan down. Tak segera mengevaluasi dengan tenang dan sabar, mengapa terjadi kerugian.



Narko Santoso membagikan pengalamannya secara objektif. Dari pengalamannya, trading tidak bisa dilihat dari sisi enaknya saja. Namun butuh proses yang justru membuat trader makin baik dalam emosi dan psikologi tradingnya. (Foto: Dok. NSFX.ID)





4. Belajar Menguasai Sistem Trading yang Benar


Dengan memiliki mindset yang positif, seorang trader cenderung terhindar dari keterpurukan yang merugikan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mencari edukasi-edukasi trading yang benar dengan bimbingan mentor yang berpengalaman dan tidak menjerumuskan dengan iming-iming sesaat.


Bagi trader yang berpengalaman, tidak mudah fokus pada prediksi tanpa analisa. Sebab prediksi yang dilakukan asal-asalan justru bisa menjebak trader.


Dengan berbekal sistem trading dan pengetahuan trading yang baik, diharapkan mampu menumbuhkan strategi dan bisa mengantisipasi dinamika pasar.


Itulah keempat poin yang bisa disimpulkan dari pengalaman trading Narko Santoso. Kenali sistem trading yang sudah digunakan Narko Santoso, seorang trader yang kaya akan pengalaman dan penguasaan psikologi trading yang matang. Temui Narko Santoso bersama Team NSFX.ID dan bisa segera menghubungi 0831 6245 5000 (Admin). (*)

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page