top of page

Panik Saat Trading? Coba Teknik Mindfulness, Kamu Langsung Merasakan Manfaatnya

Psikologi Trading Series



Mencari kesimbangan psikis di alam atau tempat terbuka bisa dilakukan para trader untuk mengurangi tekanan saat panik. (Foto: Ilustrasi/Freepik)


Panik, adalah kata yang sangat akrab di dunia trading. Bagi banyak trader pemula, panik seolah menjadi situasi yang cukup merugikan, karena bisa menyebabkan salah dalam mengambil langkah.


Apalagi berujung loss hingga MC (margin call), lalu trader banyak yang patah semangat. Tidak jarang meluapkan kekesalannya dengan berbagai cara, yang malah justru makin merugikan diri sendiri.


Kondisi tersebut, dampaknya bisa ditebak, mereka depresi dan berpengaruh pada kemunduran kestabilan diri.


Bila kepanikan terjadi, hal itu bisa melemahkan pikiran dan tak bisa mengambil kebijakan yang benar.


Dari survei yang dilakukan Litbang Team NSFX.id, banyak sekali yang mengakui sering panik, takut kehilangan profit serta kurang percaya diri.


“Saya sering punya perasaan panik saat bertransaksi,” ujar salah seorang member trader NS asal Solo ini, saat menjawab pertanyaan survei.


Gambaran dari salah seorang responden yang memiliki profesi sebagai wirausaha itu menjelaskan, bahwa masih sulit untuk melepaskan perasaan panik bila sedang trading.



Pikiran kita seperti air, ketika ada guncangan sulit untuk melihat. Ketika tenang semuanya menjadi jelas. (Foto: Ilustrasi/Freepik)


Pikiran dan Air


Para trader mengakui, memang sangat membutuhkan waktu sejenak untuk beristirahat menenangkan pikiran. Mereka menyadari, pikiran yang kalut, selalu sulit melihat semuanya dengan jernih.


Seperti yang pernah dituturkan Dalai Lama XIV, pikiran ibarat seperti air. Bila air terguncang akan keruh dan bergelombang dan tidak bisa terlihat dengan jelas. Namun sebaliknya, bila air itu tenang, semua bisa terlihat dengan jelas.


“Pikiran kita seperti air, ketika ada guncangan, sulit untuk melihat. Ketika tenang, semuanya menjadi jelas,” pesan Dalai Lama XIV.


Untuk itu, dengan pikiran yang tenang, akan lebih gampang melihat jalan keluar.



Mindfulness Bikin Tenang


Ada satu model yang bisa dilakukan untuk membantu trader menenangkan pikiran. Cara atau model itu adalah melalui teknik Mindfulness.


Mindfulness adalah suatu praktik atau terapi yang dilakukan untuk mengobati pikiran dan tubuh berdasarkan teknik meditasi. Lakukan cara ini di tempat yang tenang, seperti di dalam kamar, atau di tempat terbuka yang memancing kenyamananmu.


Cobalah mulai dengan mengambil posisi duduk yang nyaman. Sembari memejamkan mata, aturlah nafas dan rasakan detak jantung. Hembusan nafas yang keluar masuk juga dirasakan betul-betul.


Kenali perasaan-perasaan yang muncul. Bila ada penyebab rasa marahmu muncul, segeralah memaafkan diri sendiri, menerima keadaan dan memaklumi apa yang sudah terjadi. Dengan sikap berserah, Anda akan lebih tenang karena melakukan penerimaan atas keadaan.


Proses ini bisa dilakukan rutin setiap hari. Setiap kali melakukan, latih dulu selama 5 menit. Bila dirasakan masih perlu, tambah lagi waktumu untuk melakukannya. Hingga dirasa benar-benar plong atau lega perasaan dan pikiranmu.


Kondisi panik, stres dan banyaknya tekanan merupakan pemicu dari emosi negatif dan kesehatan mental.


Melalui teknik mindfulness, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, tapi juga menunjang kesehatan fisik.


Tujuan teknik mindfulness untuk melatih kita agar lebih fokus pada emosi dari dalam diri sendiri. Kesadaran terhadap ungkapan dari dalam diri menjadi lebih penting, karena itu sangat kuat efeknya. Bila sudah merasakan kalut, turuti apa yang ada dalam hati dan pikiran untuk sejenak istirahat. Jangan diteruskan untuk trading, sejenak ambil waktu untuk tenang.



Menjadi positif karena berpikir positif sangat membantu trader lebih tenang dalam menjalankan trading. (Foto: Ilustrasi/Freepik)


Dengan pikiran yang tenang dipastikan lebih bisa mengembangkan pola pikir yang lebih positif. Selanjutnya bisa memaksimalkan kerja lebih efisien untuk tujuan yang sedang dicapai dan menjadi bahagia.


Mindfulness mengarahkan hidup kita dengan penuh rasa syukur. Mencintai diri sendiri, karena tidak memaksakan tubuh, pikiran dan emosi dikuasai rasa sakit, bingung, penat, khawatir dan tidak percaya diri.


Belajarlah untuk melatih psikologi tradingmu dengan baik dan ajak kami Team NS untuk membantumu belajar trading melalui Private Mentoring dengan teknik yang benar sekaligus melatih sikap sabar.


Bila ingin mencari kami, ada seseorang yang sudah siap membantumu di : 0831 6245 5000 (Admin). Ajak kami untuk sharing tentang banyak hal yang ingin kamu tahu. (*)




32 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page