top of page

Edukasi Modal Awal Trading yang Tepat

Diperbarui: 25 Jul 2022


Ilustrasi. Saat trading, sangat penting memantau pasar. (Foto: Dok. NS Trade System)


Dalam trading kita tidak bisa lepas dari money management. Kita tidak bisa menjadi trader yang sukses mendapat profit dalam jangka waktu panjang di market tanpa menggunakan money management.

Penggunaan money management tidak hanya digunakan saat kita melakukan transaksi. Sebelum trading kita juga menggunakan money management untuk menentukan berapa besar dana yang akan kita digunakan untuk trading.

Berikut pembahasan Modal Awal Trading yang Tepat.


Banyak dari kita bertanya-tanya seperti ini:


"Berapa sih modal awal trading yang bagus?"


atau: "Berapa sih modal trading minimal?" dan pertanyaan lain yang sejenisnya..


Pertanyaan itu mencerminkan sikap keraguan mengenai modal yang perlu kita siapkan saat memulai trading atau sedang bertransaksi.


Untuk itu seorang trader perlu memiliki sikap yang bijak dan mengenal tentang money management. Sebab pertanyaan yang mencerminkan keraguan itu bisa berujung pada keputusan yang salah.


Nah, berikut penjelasannya:


Tradinglah dengan modal yang kamu siap risikonya dan siap dengan profitnya!


Maksudnya? Ketika kita belajar trading, maka kita belajar mengelola analisa, waktu, uang, mindset dan emosionalmu.


Jadi, modal belajar yang sesuai dengan kemampuan finansialmu adalah anjuran modal yang tepat.


Contoh:


Kita memiliki income $2000 per bulan, tapi kita hanya trading dengan modal $100, katakanlah profitmu dalam 1 bulan adalah 20% ($20). Jika dilihat dari jumlah persentase dapat dikatakan hasil yang didapat sudah cukup bagus.


Tetapi secara hasil yang kita terima, mindset kita akan menganggap itu adalah uang "receh", dimana setelahnya kamu bisa berpotensi melanggar rule trading yang dipakai. Dengan jumlah deposit yang tetap, kita menaikan jumlah lot (volume transaksi), di sinilah awal kehancuran psikologi seorang trader.


Dirimu sendiri yang tahu kemampuan finansialmu. Kita sendiri yang menentukan risiko dan hasil yang bisa kita dapatkan di market. Inilah yang disebut dengan Manajemen Deposit dan bagian dari Money Management Trading. (*)

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page